Lifestyle

Mengenal Aneka Jenis Batik Khas Indonesia

model baju batik

Batik merupakan sebuah warisan seni dan budaya yang sudah diturunkan oleh nenek moyang kita sejak dahulu. Hingga saat ini, batik masih terjaga kelestariannya sehingga kita semua masih bisa menikmati hasil seni dan budaya masyarakat Indonesia yang sudah ada sejak zaman dahulu ini. Kain batik sendiri tidak hanya bisa dijadikan sebagai pakaian batik saja. Kini, kain batik semakin multifungsi karena sudah banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat tas, sepatu, dan tambahan aksesoris lainnya sehingga penggunaan kain batik pun semakin luas. Atas kreativitas anak-anak bangsa inilah batik berhasil dikenal hingga kancah internasional. Oleh karena itu, tidak heran jika kini masyarakat dunia semakin banyak yang jatuh cinta dengan kain batik hasil karya masyarakat Indonesia.

Inilah Aneka Jenis Kain Batik Berdasarkan Teknik Pembuatannya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa jenis pakaian batik sangatlah beragam. Kain batik sendiri dapat dibuat dengan menggunakan beberapa teknik. Nah, salah satunya adalah menggunakan teknik batik tulis. Batik tulis dibuat dengan menggunakan alat yang disebut canting. Canting merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengambil lilin cair dari tungku pemanas kemudian bagian ujung canting ini digunakan untuk melukis di atas kain. Karena dibuat secara manual menggunakan tangan, maka kain batik tulis ini membutuhkan waktu yang cukup panjang dalam mengerjakannya. Namun, hasil yang akan didapatkan tentu akan memiliki kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan dengan jenis batik yang dibuat dengan teknik lainnya sehingga tidak heran jika kain batik tulis memiliki harga yang cukup mahal.

Selain batik tulis, kita juga mengenal teknik pembuatan batik cap dan batik printing. Batik cap dibuat dengan menggunakan alat cap yang sudah didesain dengan motif atau corak tertentu. Pembuatan batik cap jauh lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan batik tulis karena teknik pembuatannya hanya dilakukan dengan cara meletakkan alat cap di atas kain putih. Berbeda dengan batik cap, batik printing dibuat menggunakan sistem sablon. Karena teknik pembuatannya sangat mudah dilakukan dan hanya membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama, maka tidak heran jika harga batik printing lebih terjangkau dibandingkan dengan batik cap dan batik tulis. Untuk lebih mengenal hasil kain batik yang dibuat dengan berbagai teknik tersebut, yuk kunjungi http://batik-s128.com sekarang juga!

Related posts: